Bashori raih omzet ratusan juta dari sangkar

Article Source: http://peluangusaha.kontan.co.id/news/bashori-raih-omzet-ratusan-juta-dari-sangkar

Oleh Revi Yohana

Menekuni usaha pembuatan sangkar burung hias sejak 1990, M. Bashori kini meraup omzet Rp 100 juta per bulan. Sangkar burungnya kini dipasarkan di sejumlah daerah. Selama menekuni usaha ini, ia banyak membuat model baru.

Sejak tahun 1990, M. Bashori telah menjadi perajin sangkar burung di Kota Gede,Yogyakarta. Selain aneka sangkar burung hias dengan ukiran relief, ia juga membuat sangkar burung standar. “Awalnya saya hanya pembuat gantangan (gantungan sangkar burung) dari perak,” ujar Bashori.

Karena Bashori juga pecinta burung, ia pun mencoba-coba membuat sangkar burung. Ternyata, sangkar burung buatannya diminati banyak orang.

Bashori mengaku belajar membuat sangkar burung secara otodidak. “Kata orang sudah menjadi talenta saya,” ujar bashori.

Kendati demikian, usaha ini tetap membutuhkan keterampilan khusus. Di bawah bendera usaha KaruniaSangkar Jogja,ia mengaku sudah banyak membuat model baru yang diikuti perajin lainnya.

Tahun 2005, misalnya, ia pernah membuat sangkar burung dengan relief aneka dinosaurus. Tak lama, model sangkarnya booming dan banyak pula yang mengikuti.

Begitu pula saat ia membuat sangkar yang diberi nama Luna Maya. “Eh, kemudian banyak yang mengikuti dan muncul sangkar burung Manohara dan Ayu Ting-ting,” ujarnya.

Selain di Pulau Jawa, pelanggan sangkar burungnya juga banyak dari daerah Sumatera danSulawesi. Dengan pelanggan yang luas, dalam sebulan ia bisa menerima pesanan hingga 50 sangkar. Omzet yang didapatnya Rp 100 juta per bulan dengan laba bersih sekitar 15%.