Mooryati Soedibyo, Sosok Pebisnis Wanita Sukses yang Menginspirasi

Kamis, 14 April 2016 13:54 WIB

(MP/slv)

MerahPutih Bisnis – Saat seseorang merintis sebuah bisnis, mengalami kesuksesan dan kegagalan menjadi hal yang lumrah terjadi. Seperti yang dialami BRA Mooryati Soedibyo, wanita yang masuk dalam urutan nomor 7 dalam daftar 99 wanita paling berpengaruh di Indonesia 2007 versi majalah Globe Asia ini juga tak langsung menjadi sosok wanita yang sukses dan menginspirasi seperti sekarang.

Dalam merintis bisnisnya, BRA Mooryati juga mengalami jatuh bangun saat mendirikan usaha produk jamu dan kosmetiknya. Walau banyak tantangan yang menghadang, Mooryati sukses menjadikan PT. Mustika Ratu Tbk. sebagai salah satu perusahaan jamu dan kosmetik terkemuka di Indonesia.

Cucu dari Sri Susuhunan Pakoe Boewono X Keraton Surakarta itu mengungkapkan, ada dua alasan yang memotivasinya untuk membuka sebuah usahanya saat ini. Pertama, untuk mewujudkan impiannya berbisnis produksi jamu dan kosmetika tradisional. Kedua, ia ingin mendukung perekonomian keluarga sebagai persiapan jelang masa pensiun sang suami, Soedibyo.

Saat baru akan memulai usahanya, ia sudah mendapat ‘cobaan’ seperti cibiran dari orang-orang terdekatnya kala itu. Mereka memendang berdagang adalah pekerjaan yang tabu, rendah dan nista bagi Mooryati yang notabenennya adalah seorang keturunan Keraton. Tapi itu tidak menyulutkan semangatnya.

Dimulai dari garasi rumahnya, bisnis yang dijalankan Mooryati Soedibyo terus berkembang setiap tahunnya. Bisnisnya telah membantu menciptakan lapangan pekerjaan dengan merekrut sekitar 3000 tenaga kerja yang secara langsung memperbaiki taraf hidup 3000 keluarga Indonesia. Tidak hanya itu, bisnis ini juga turut menjadi kebanggaan Indonesia sebagai salah satu produk bermutu yang berbahan tumbuhan alami Indonesia serta dihasilkan dari sumber daya Indonesia, yang disukai di mancanegara.

Ramuan jamu pertama yang ia kembangkan adalah kunyit asam yang merupakan hasil racikan dari asam jawa, gula jawa, dan cengkeh. Mooryati memproduksi kunyit asam tersebut secara manual dengan peralatan sangat sederhana, seperti pipisan dan lumpang batu. Namun, ternyata hasilnya kurang maksimal dan tidak seperti yang diharapkan oleh para konsumen.

Kebanyakan dari mereka mengeluhkan jika ukuran pil yang tidak seragam menjadi alasan ketidakpuasan para konsumen. Sebagai solusi, Mooryati akhirnya menggunakan mesin yang dapat memproduksi pil secara cepat dan bentuk standar. Mesin tersebut dibelinya dari Taiwan dengan harga yang terjangkau.

Sedangkan untuk bisnis produk kecantikannya dimulai pada tahun 1976. Mooryati mulai membuka sebuah salon sebagai tempat perawatan untuk kecantikan kulit para wanita di Jalan Wahid Hasyim 133 yang dinamai Pusat Perawatan Kecantikan Tradisional. Salon tersebut diklaimnya sebagai salon perawatan tradisional pertama di Indonesia yang mengajarkan para pemilik salon dan ahli kecantikan menggunakan lulur, mangir, bedak dingin, rempah-rempah dan pijat minyak cendana dan minyak zaitun, di samping produk-produk modern.

Bisnis Mooryati terus berkembang ditandai dengan didirikan pabrik pertamanya pada 1981 dan diresmikan oleh Menteri Kesehatan saat itu, Dr. Soewarjono Surjaningrat. Sempat terkendala dana, ia akhirnya mengambil kredit dari Bank Dagang Negara sebesar 100 juta Rupiah. Untuk melengkapi organisasi, dibentuk pemimpin-pemimpin baru yang strategis, yaitu pimpinan produksi, penelitian dan pengembangan (R&D), distribusi, keuangan dan pemasaran.

Hadirnya pabrik tersebut turut menandai lahirnya nama ‘Mustika Ratu’ yang terinspirasi dari sebuah filosofi Jawa. Bunyinya, “Trahing kusumo rembesing madu, Turuning Sinatrio, Tedake wong amorotopo, Mustika ning Ratu, dan Mangayu Hayuning bawono.” Terjemahan bebasnya yakni, keturunan ksatria yang tersaring ketat, yang berperilaku penuh prihatin dan kesadaran, terlahirlah peninggalan berharga raja. Filosofi ini dibawa dalam setiap aspek perusahaan, yaitu memberikan buah pikiran dan hasil kerja yang terbaik yang berasal dari peninggalan tradisi leluhur yang berasal dari Keraton Surakarta Hadiningrat.

Kisah dibalik kesuksesan yang diraih oleh Mooryati Soedibyo ini bisa menjadi salah satu inspirasi untuk kalian para wanita yang ingin meraih kesuksesan lewat usaha dan kerja keras tanpa pernah mengenal rasa putus asa untuk bisa mencapainya.Karena yang namanya usaha dan kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil.

Article Source: http://news.merahputih.com/nasional/2016/04/14/mooryati-soedibyo-sosok-pebisnis-wanita-sukses-yang-menginspirasi/40261/